7 Kuliner di Cirebon yang Wajib Dikunjungi, Dijamin Nagih!

7 Kuliner di Cirebon yang Wajib Dikunjungi, Dijamin Nagih!
Ilustrasi

Temaditos Artikel – Berwisata ke Cirebon jangan lupa untuk memasukkan daftar kuliner di Cirebon yang wajib dikunjungi dari yang manis sampai dengan asin. Kuliner di Cirebon juga dikenal akan cita rasanya yang khas dan lezat.

Selain kulinernya yang variatif, Anda juga dijamin tak akan mengeluarkan banyak uang sebab harganya rata-rata ramah di kantong. Penasaran di mana saja? Yuk, simak informasinya berikut.

Bacaan Lainnya

Rekomendasi Kuliner di Cirebon

Selain tempat makan enak di Kemang yang menawarkan ragam menu makanan lezat, dari western dan lokal, Cirebon juga menjadi kota dengan segudang kuliner menarik yang sayang untuk wisatawan lewatkan.

Kuliner berikut ini juga cocok dinikmati dari semua kalangan baik anak-anak sampai dengan orang dewasa, berikut daftarnya:

  1. Nasi Jamblang

Berkunjung ke sini tak lengkap kalau belum mencicipi nasi jamblang. Orang Cirebon biasa menyebutnya sega jamblang, hidangan ini asalnya dari Desa Jamblang.

Hidangan ini merupakan makanan khas kota Cirebon yang cara pengemasannya mirip dengan nasi kucing. Makanan ini sangat populer di kalangan pekerja era kolonial Belanda yang membangun jalan raya Anyer-Panarukan.

Nasi tersebut dibungkus menggunakan daun jati dan disajikan bersamaan telur, tahu, tempe, ikan, ayam, perkedel, telur puyuh, paru-paru yang biasanya dipilih secara prasmanan.

Menikmati nasi jamblang ini jangan lupa dikombinasikan dengan sambalnya, ya.

  1. Empal Gentong

Semangkuk sup dengan kuah berwarna kuning ini disajikan dalam pot tanah liat. Di dalamnya penikmat bisa menikmati perpaduan potongan daging sapi, bumbu rempah kemiri, kunyit, bawang putih, bawang merah, serai, cengkeh, pala, santan dan kecap.

Proses pembuatannya ini dengan cara merebus daging terlebih dulu di dalam kuah sampai empuk dan hampir hancur. Kemudian empal gentong akan disajikan kucai sebagai penambah rasa.

  1. Tahu Gejrot

Kuliner ini mungkin sudah tak asing lagi di lidah Anda karena mudah ditemukan di kota-kota selain Cirebon. Tahu gejrot ini aslinya dari kawasan Jatiseeng, Kabupaten Cirebon.

Bahan dasarnya menggunakan tahu gembos dipotong-potong, disiram kuah gula merah dan campuran cabai hijau. Seporsi tahu gejrot ini biasa mematok harga sekitar Rp 10 ribuan saja, murah sekali, ya?

  1. Mie Koclok

Jika di kota Bandung ada mie kocok, sedangkan di Cirebon punya mie koclok. Bedanya makanan khas kota Cirebon ini disajikan dengan kuah kental terbuat dari santan dan kaldu ayam yang ditambahkan maizena.

Seporsi mie koclok ini berisikan mie, suwiran daging ayam, telur rebus, tauge, air jeruk purut, daun bawang, seledri, dan bawang goreng. Selain menggunakan mie kuning telur, mie koclok bisa digantikan pakai bihun.

  1. Sirup Tjampolay

Berikutnya ada sirup tjampolay untuk pelepas dahaga yang wajib dibeli ketika liburan ke sini. Sirup ini sudah ada puluhan tahun yang lalu, desain botolnya pun tetap mempertahankan aslinya.

Varian rasa yang tersedia sangat banyak, ada pisang susu, peach, leci, jeruk nipis, frambozen, stroberi, moka, dan masih banyak lagi, tetapi yang jadi favorit pembeli biasanya rasa pisang susu.

Cuaca Cirebon yang panas emang paling enak sambil menikmati segarnya es sirup Tjampolay.

  1. Es Cuing

Selain es tjampolay, ada es cuing yang sayang banget untuk dilewatkan. Minuman khas dari Cirebon ini berisi potongan cincau hijau yang dikombinasikan dengan bubur sumsum dari tepung beras.

Penyajiannya pun ditambahkan es serut, santan dan kuah gula merah sebagai pemanisnya. Anda hanya perlu mengeluarkan kocek sebesar Rp 5 ribu saja.

  1. Kerupuk Melarat

Butuh makanan ringan untuk menemani perjalanan? Cirebon sediakan cemilan unik bernama kerupuk melarat. Kerupuk ini cara mengolahnya bukan digoreng, melainkan dimasak di atas pasir bersih yang panas.

Walau pakai pasir, tapi kerupuknya masih tetap mengembang besar seperti kerupuk pada umumnya. Rasanya yang gurih ini enak dimakan sebagai kudapan atau lauk nasi.

Kuliner khas Korea Enak di Cirebon

Selain makanan tradisionalnya, jaman sekarang jangan sampai  ketinggalan untuk nyobain jajanan ala Korea yang lagi hits dan jadi rekomendasi kuliner di Cirebon yang wajib dikunjungi. Ada apa saja, ya?

  1. BBQ Grill

Sering nonton drakor pasti tertarik buat mencoba masakan daging panggangnya, bukan? Tak usah jauh-jauh ke Korea, di Cirebon pun mulai banyak restoran yang menyuguhkan konsep grill barbeque ala Korea.

Daging sapi yang dipotong tipis berbumbu ini dipanggang di atas arang dan dinikmati bersama makanan sampingan seperti kimchi.

  1. Tteokbokki

Masih penasaran dengan makanan korea yang enak lainnya? Anda juga harus mencoba tteok atau kue beras yang dinikmati bersama saus manis pedasnya.

Camilan satu ini juga sering nongol di drama dan bikin ngiler melihatnya. Sekilas tteok ini bisa dibilang mirip dengan cilok si makanan khas negara Asean khususnya di Jawa Barat.

  1. Bungeoppang

Butuh kudapan manisnya juga? Kudapan dari Negeri Gingseng adalah roti berbentuk ikan mas. Setiap penjual roti ini biasanya menggunakan cetakan yang sama motifnya.

Adonan dipanggang mirip waffle dan diberi isian cokelat atau kacang merah, bungeoppang paling enak dimakan selagi hangat.

  1. Chapssal

Donat yang biasanya berbentuk bulat dengan lubang di tengahnya ini justru beda dengan yang dimiliki Korea. Donat khas Korea, chapssal ini bentuknya lucu, sama seperti kepangan rambut.

Adonan donat dipipihkan dan dikepang layaknya rambut, kemudian digoreng sampai kuning keemasan. Biar makin enak, chapssal ditambahkan taburan gula donat atau topping lainnya.

Makan satu chapssal pastinya gak cukup, karena bikin nagih.

  1. Bingsoo

Gak hanya di Indonesia saja yang punya hidangan es serut, kuliner Korea juga punya yang unik dan bisa ditemukan di restoran makanan Korea di Cirebon.

Es serutnya sangat berlimpah, bahkan menggunung kemudian diberi topping kacang merah, potongan buah mangga, stroberi hingga es krim.

Wisata Seru Bareng Keluarga

Puas berwisata kuliner, saatnya kini wisata geopark Ciletuh yang makin menambah keseruan berlibur. Kawasan Ciletuh yang berada di Sukabumi ini menawarkan banyak pilihan atraksi wisata keluarga.

Misalnya ada Pantai Ujung Genteng, Pantai Cimaja untuk menikmati sunrise atau sunset, kemudian Bukit Teletubbies yang pas untuk foto-foto keren, Curug Puncak Manik dengan pesona alamnya yang menyegarkan.

Selain itu, ada juga desa adat Kasepuhan Ciptagelar yang masih mempertahankan bangunan rumah adat, serta lingkungannya yang dikelilingi sawah.

Anda bisa mengenali kebudayaan lokal jaman dahulu dari sini.

Ingin bersenang-senang dengan berenang di waterpark? Sukabumi juga punya SantaSea yang gak kalah seru dari Gading splash water di Kebumen sana. Di sini tersedia banyak wahana seluncuran dan kolam yang sesuai usia pengunjung.

Main air di sini dijamin bakal lupa waktu, deh!

Itu dia rekomendasi kuliner di Cirebon yang wajib dikunjungi dan lokasi liburan selain wisata puncak Bogor yang seru didatangi bareng keluarga. Selamat liburan!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.