Makanan Khas Kota Cirebon

Makanan Khas Kota Cirebon
Ket Foto: Makanan Khas kota Cirebon (Ist)

Temadictos Artikel – Cirebon, kota udang yang semula disebut caruban guna menggambarkan percampuran budaya Islam, dan Hindu, serta Cina ini memiliki makanan khas kota Cirebon yang unik dan enak-enak. Berikut ini adalah beberapa kuliner di Cirebon yang wajib dikunjungi.

Nasi Jamblang

Bacaan Lainnya

Nasi putih dibungkus jati ini dulunya merupakan bekal para pekerja paksa yang pada jaman Belanda membangun Jalan Raya Pos dari Anyer hingga Panarukan yang melewati Kabupaten Cirebon. Sambalnya khas, berupa masakan irisan cabai. Lauknya juga khas, kedelai pada tempenya lebih padat, dan tahu, ati ampela semur, paru semur, dengan bumbu khusus, ada juga udang, ikan asin, perkedel juga sate kentang yang unik. Bisa kunjungi warung ibad Otoy yang ada di Jl. Dr Cipto Mangunkusumo, Pekiringan, Kecamatan Kesambi, Cirebon guna mencicipinya. Buka di sore hari sampai habis. Dijual pada kisaran harga mulai sekitar 15 ribu Rupiah per porsi, tergantung jenis lauknya.

7 Kuliner di Cirebon yang Wajib Dikunjungi, Dijamin Nagih!

Nasi Lengko

Nasi Lengko merupakan pecel makanan khas Kota Cirebon. Sayuran tauge kucai dan tahu tempe disiram kuah kacang ini bisa didapatkan di warung nasi lengko Pak Barno yang sudah ada sejak 1968 di Jalan Pagongan No.15B, Pekalangan, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon. Cabangnya juga ada di Jalan Bahagia dan Jalan Pagongan.

Empal Gentong

Irisan daging dan jeroan sapi yang disiram kuah kuning dari kaldu sapi, dan santan, berbumbu kunyit, dan lada, serta jintan juga bumbu rahasia lain yang dimasak dalam gentong tanah liat ini bisa ditemukan di warung bu Darma di Jalan Diponegoro Nomor 21, Cirebon.

Tahu Gejrot

Tahu pong yang diiris-iris dicampur hasil ulekan cabai rawit hijau dan bawang merah, yang lalu disiram dengan kuah asam gula jawa ini sangat menyegarkan. Bisa ke Pasar Kanoman, Pekalipan, Kota Cirebon untuk mencicipi rasa otentiknya.

Pedesan Entog

Kunjungi ke desa Megu Gede, di Weru, jika ingin mencicipinya. Daging entog yang disiram dengan kuah yang gurih dan pedas ini disebut sebagai pedesan Entog.

Gado-gado Ayam khas Cirebon

Gado-gado yang disiram gulai kari ayam ini memiliki rasa gurih yang khas, ala Cirebon. Sempatkan mampir ke Jalan Kesambi, jika ingin merasakan hidangan irisan sayuran dan ketupat siram bumbu kacang dan kari ayam ini. Sudah lebih dari satu dekade lamanya penjual Gado-gado Ayam di lokasi tersebut menjajakan salah satu kuliner khas Cirebon ini. Bisa juga ke gado-gado ayam mang Djum di Jl. Pulasaren No. 53 kecamatan Pekalipan, Kota Cirebon. Harganya 15 ribu Rupiah per porsi

Empal Asem

Irisan daging paha belakang dan jerohan sapi yang dimasak kuah berbumbu belimbing wuluh tanpa santan ini sangat menyegarkan. Kunjungi tempat makan H. Apud di Jalan Juana No. 24 Cirebon jika hendak mencicipinya. Harganya sekitar 25 ribu Rupiah per porsi.

Bubur Sop Ayam

Datangi jalan Tentara Pelajar No.18, Pekalangan, Kec. Pekalipan, Kota Cirebon (pelataran toko sepeda anak) guna menemukan bubur sop ayam mang Kapi. Sop suwiran ayam dan sayuran berbumbu lada yang ditaburi kedelai goreng ini disajikan dengan bubur. Harganya 17 ribu Rupiah per porsi.

Jangan lupa untuk mencicipinya saat berkunjung ke Cirebon. (*)

Baca: Tempat Makan Enak di Kemang

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.